Oktober 07 2018 0Comment

Jenis Canopy Kain Jakarta

Jenis Canopy Kain Jakarta yang Paling Banyak Digunakan

Canopy kain Jakarta menjadi sebuah tren baru di kelas canopy karena tingginya permintaan masyarakat pada jenis tersebut. Apalagi cuaca Jakarta yang memiliki suhu diatas rata-rata membuat setiap orang ingin berteduh untuk menikmati sejenak udara. Oleh karena itulah kebutuhan akan canopy meningkat seiring banyaknya bangunan yang berdiri di kota ini. Bagi sebuah bangunan keberadaan canopy memang tidak wajib akan tetapi perannya cukup penting untuk mendapatkan ruang teduh yang cukup untuk melindungi dari sengatan matahari dan air hujan. Sehingga pada setiap kantor perusahaan atau di beberapa tempat publik selalu ditemukan keberadaan canopy. Sedangkan canopy kain adalah canopy yang paling banyak digunakan karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan canopy jenis lainnya. Salah satu keunggulan dari canopy kain adalah keberagaman desain yang bisa disesuaikan dengan struktur bangunan sehinga menambah kesan indah dan artistik pada bangunan tersebut.

Berikut ini beberapa desain canopy kain Jakarta yang paling banyak digunakan.

Standar

Bentuk standar artinya bentuk dasar yang menjadi ciri khas dari canopy kain. Bentuknya simpel dan sederhana dan sering dipasang sebagai canopy jendela. Fungsi utamanya tentu saja sama seperti lainnya khususnya adalah melindungi dari air hujan yang akan masuk melalui jendela. Bentuk standar sering menggunakan warna tunggal sebagai warna dasarnya karena nantinya warna ini akan meliputi seluruh bagian kain baik luar maupun dalam. Ada baiknya untuk menggunakan canopy kain jenis ini pada beberapa bagian rumah yang berhadapan langsung dengan halaman.

Standar W Valance

Desain ini mempunyai ciri khas bentuk gerigih pada ujung kain canopynya hingga membentuk huruf W kecil. Oleh karena itulah desain ini disebut juga dengan desain W. Sedangkan valance lebih mengacu pada bentuk bergerigih pada ujung kainnya. Canopy kain jenis ini banyak digunakan pada pintu masuk barbershop atau juga toko mainan.

Standar W Arch

Hampir sama dengan desain standar w valance akan tetapi yang membedakan adalah bentuk atasnya. Pada standar w bagian atasnya sedikit menggelembung keatas sehingga tampak lebih gagah. Meski demikian desain ini tak meninggalkan standarnya yakni bergerigih pada bagian ujung kainnya. Aliran air yang jatuh pada canopy jenis ini bukan kedepan sebagai mana pada standar w valance akan tetapi ke arah samping karena adanya cembungan pada bagian atas yang mengalirkan air ke arah samping.

Bulnose

Desain ini merupakan salah satu desain paling banyak digunakan khususnya pada toko-toko roti. bentuknya yang khas dengan bentuk seperti kubah memanjang menjadikan orang mudah hafal dengan jenisnya. Bulnose mempunyai sisi yang melengkung berbentuk setengah lingkaran sehigga mampu mengarahkan air dengan maksimal. Selain itu cahaya matahari juga lebih banyak diserap sehingga orang yang berada dibawahnya akan aman dan tidak kepanasan.

Dome

Jenis ini mempunyai kesamaan dengan bulnose akan tetapi memiliki lengkungan lebih besar dan membentuk setengah lingkaran yang sempurna akan tetapi tidak memanjang seperti bulnose. Ciri khas lain dari desain ini adalah ujung kain yang dibuat bergerigih sehingga menambah kesan dinamisnya. Canopy jenis akan sangat cocok digunakan di bagian jendela berukuran besar dan dibawahnya bisa diletakkan kursi yang nyaman layaknya di sebuah cafe.

Waterfall

Toko buah dan juga cafe sering menggunakan canopy jenis ini karena bentuknya yang unik dan bisanya terdiri dari dua warna. Desain canopy jenis ini umumya berbentuk setengah lingkaran pada bagian atasnya kemudian turun memanjang dan bergerigih pada bagian ujungnya. Tampak sekilas memang mempunyai bentuk seperti air terjun yang tersusun sempurna. Jadi dengan menggunakan desain ini akan tampak minimalis dan dinamis pada sebuah bangunan tersebut. Apalagi jika konsep yang diusung pada toko atau rumah adalah desain futuristik dan minimalis tentunya akan sangat sesuai dengan desain waterfall ini.

Spearhead

Jika ingin memiliki kesan klasik nan dinamis, maka desain spearhead adalah jenis paling pas untuk pemasangan canopy kain. Desain ini sering digunakan pada toko-toko berlatar unik dan klasik. Ciri khasnya tentu saja pada tombak yang diletakkan melebihi ujung kain canopy sebagai penyangga kain tersebut. Desain inilah yang paling banyak digunakan oleh tongkrongan anak muda pada toko atau cafe yang menggunakan canopy kain Jakarta.

Tags:

hendar

Write a Reply or Comment